Aneka Resep Masker Wajah Berbahan Yoghurt Sesuai Masalah Kulit Anda

Kita telah mengetahui bahwa yoghurt memiliki beragam manfaat yang sangat mengagumkan untuk kulit wajah Anda. Dengan kandungan nutrisi utama yang dimilikinya, yaitu zinc, kalsium, vitamin-vitamin B, serta asam laktat, yoghurt sangat direkomendasikan sebagai salah satu bahan alami untuk merawat kecantikan wajah Anda sehari-hari.

Yoghurt juga bukanlah bahan yang susah didapat dan harganya pun relatif terjangkau. Dan sudah pasti bahannya bebas dari bahan kimia berbahaya, karena pada umumnya yoghurt yang beredar di pasaran memang diproduksi untuk dikonsumsi langsung. Jadi, jika Anda menggunakannya pada wajah, maka keamanannya pun terjamin.

Sebelum Anda membuat masker wajah berbahan yoghurt, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin akan mengalami kesemutan sedikit ketika Anda menerapkan yoghurt sebagai masker wajah. Namun, jika kulit Anda sangat sensitif, Anda bisa mengalami sensasi kulit yang terasa menyengat dan terbakar. Jika reaksi seperti itu terjadi, cucilah wajah Anda segera dengan air. Reaksi kulit yang super sensitive itu bisa disebabkan karena kulit Anda alergi terhadap asam laktat/probiotik hadir yang terkandung pada yoghurt.

Jika Anda alergi terhadap produk susu atau yang mengandung asam hidroxyl beta, maka Anda tidak dapat menjadikan yoghurt sebagai bahan masker wajah Anda meskipun Anda tahu bahwa manfaatnya sangat mengagumkan untuk kulit wajah Anda.

Pastikan untuk memilih yoghurt tawar (plain yoghurt) dan diproduksi secara organik serta kaya akan lemak. Lemak pada yoghurt dapat menjadi pelembab yang layak untuk kulit wajah Anda.

Resep Masker Yoghurt Sesuai Masalah Kulit

1. Untuk Kulit Kering

Untuk Anda yang berkulit kering, yoghurt akan bekerja sebagai pelembab dan hidrasi kulit wajah yang sempurna, sehingga akan membuat kulit Anda terasa halus, lembut, dan kenyal.

Bahan:

  • 2 sendok makan yoghurt tawar penuh lemak
  • 1 sendok makan madu organik
  • 1 sendok makan alpukat yang telah dihaluskan
  • 1 sendok makan oatmeal yang telah dimasak

Cara membuat:

  1. Haluskan semua bahan hingga membentuk pasta halus.
  2. Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama sekitar 10- 15 menit. Bersihkan wajah dengan lembut menggunakan wash lap.

2. Untuk Kulit Iritasi

Jika kulit Anda berwarna merah dan meradang karena infeksi, terbakar sinar matahari, atau alasan lain, maka masker yoghurt adalah solusi yang tepat untuk menenangkan kulit Anda.

Bahan:

  • 1/4 cangkir yoghurt tawar penuh lemak
  • 1/4 cangkir mentimun cincang
  • 1 sendok makan gel lidah buaya organik (bisa juga diganti dengan jus lidah buaya)
  • 1 sendok makan madu
  • Beberapa tetes minyak chamomile

Cara membuat:

  1. Haluskan semua bahan hingga membentuk pasta halus.
  2. Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama sekitar 10 -15 menit. Cuci dengan air dingin.

3. Untuk Kulit Bernoda dan Berjerawat

Jerawat pada umumnya disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan yang memungkinkan bakteri penyebab jerawat berkembang. Penggunaan masker yogurt ini dapat mengurangi jumlah minyak berlebih di wajah Anda dan juga menyingkirkan bakteri.


Bahan:

  • 1 sendok makan yoghurt tawar penuh lemak
  • 1 sendok makan madu organik
  • 1 sendok teh perasan jeruk nipis
  • 1 sendok teh bubuk kunyit

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dan aduk hingga merata.
  2. Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama sekitar 10 -15 menit. Cuci dengan air hangat.

4. Untuk Kulit Kusam

Polusi udara dapat membuat kulit Anda nampak kusam dan lelah. Penggunaan masker yoghurt dapat mengembalikan cahaya pada kulit, meremajakan kulit, sekaligus menyehatkan kulit wajah Anda.

Bahan:

  • 4 sendok makan yoghurt tawar penuh lemak
  • 1 sendok makan coklat bubuk
  • 1 sendok makan madu organic

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dan aduk hingga merata.
  2. Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama sekitar 20 menit. Cuci dengan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *