Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Masker Kolagen

Saat ini masker kolagen telah menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang untuk merawat kecantikan wajahnya. Masker ini dirancang untuk meremajakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen untuk mengencangkan kulit dan menyingkirkan keriput serta garis-garis halus.

Masker kolagen juga semakin mudah didapatkan karena telah menjadi produk perawatan kecantikan yang populer saat ini. Karena manfaat utama dari masker ini, tak heran sebagian besar orang terutama kaum wanita beralih menggunakannya dengan harapan agar terjadi perubahan yang cepat pada kulit wajah mereka.

Namun Anda juga perlu mempertimbangkan sebelum menggunakan masker kolagen, meluangkan waktu sejenak untuk memahami jenis kulit Anda, bagaimana masker akan bekerja untuk mengatasi masalah spesifik pada kulit Anda, dan bagaimana efek samping dari penggunaan masker kolagen ini.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang masker kolagen:

1. Cara Kerja Masker Kolagen

Selama proses penuaan alami terjadi, kulit akan kehilangan kolagen dan elastin, dan dari waktu ke waktu, kulit akan kehilangan tingkat elastisitasnya. Meskipun tidak ada cara yang efektif untuk menggantikan elastin kulit, karena sebenarnya tubuh kita telah berhenti memproduksinya sejak usia dini, namun kolagen kulit dapat terus diremajakan sepanjang hidup Anda.

Dengan melakukan beberapa perawatan, seperti mengkonsumsi pil kolagen, atau menggunakan serum kolagen, maka dengan sendirinya siklus tubuh kita akan memproduksi kolagen dalam berbagai cara. Perawatan dengan menggunakan masker kolagen pun menjadi pilihan hampir sebagian bessar orang karena dianggap lebih aman dan terjangkau.

Ketika diterapkan pada wajah, masker kolagen dirancang untuk mengencangkan kulit dalam jangka panjang. Meskipun polusi lingkungan dan radikal bebas dalam sinar UV matahari dapat menghancurkan semua kolagen dalam tubuh, tetapi bahan-bahan dalam masker kolagen dapat meremajakan kulit dengan kandungan pelembab yang dimilikinya, sekaligus meningkatkan produksi protein untuk membantu menyamarkan garis-garis halus dan kerutan yang timbul di wajah.

Ada sejumlah varian masker kolagen yang beredar di pasaran, dan tentu saja hasilnya terkadang berbeda antara setiap orang yang memakainya. Namun, tidak peduli bagaimana metode penggunaan masker kolagen yang Anda pilih, selalu pastikan untuk membaca bahan-bahan yang terkandung pada kemasan masker kolagen tersebut, salah satunya adalah bebas dari paraben.

2. Efek Samping dari Penggunaan Masker Kolagen

Karena masker kolagen yang beredar di pasaran adalah produk pabrikan yang diproduksi secara massal, maka efek samping dari penggunaan masker ini tentu saja ada.

Meskipun sampai saat ini belum ditemukan efek samping yang berbahaya, ada beberapa kasus yang melaporkan bahwa beberapa orang yang telah menggunakan produk masker kolagen mengalami kulit wajah yang gatal, kemerahan, iritasi, bahkan ada yang mengalami memar pada kulit wajah setelah mereka menggunakan masker kolagen. Efek-efek samping seperti itu memang bisa terjadi karena kemungkinan kulit mereka memang sensitif dan cenderung tipis.

Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan masker kolagen, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit atau ahli kulit untuk memastikan bahwa Anda tidak akan mengalami risiko tinggi karena kondisi kulit wajah atau dari masker kolagen yang Anda pakai.

Jika akhirnya Anda memakainya dan mengalami efek samping seperti yang telah disebutkan, maka kemungkinan Anda mengalami alergi terhadap bahan yang terkandung dalam masker kolagen tersebut. Untuk itu Anda harus meminta bantuan medis segera, karena alergi kulit apapun bisa memiliki potensi untuk menjadi fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *